Rahasia Cilor Empuk dan Enak

cilor enak

Kalau pergi ke kota bandung di jawa barat, kita tak hanya akan menemukan fashion serta tempat wisata yang sangat menarik. Namun juga bakalan dapetin beragam kuliner enak dan juga menggugah selera sekali. Salah satunya adalah cilor. Cilor adalah jajanannya orang bandung sana dan mungkin bisa dikatakan menjadi makanan khas warga bandung. Mungkin sederhana tampilannya namun tak dipungkiri kalau cilor itu enak dan juga lezat. Banyak lho masyarakat yang menyukai jajanan cilor ini dimanapun.

Ya dimanapun, kini cilor tak hanya ada di kota bandung saja, namun juga bisa ditemukan di kota lainnya yang ada di indonesia. Hal ini karena memang sekarang ini resep dan cara bikin cilor ini sudah diketahui oleh banyak orang. Sehingga banyak orang sudah bisa membuatnya sendiri. Alhasil maka sekarang banyaklah pedagang yang menjual jajanan cilor ini diberbagai kota yang ada di indonesia. Termasuk kota jakarta, surabaya, medan dan yang lainnya.

Cilor jajanan khas biasa namun punya rasa istimewa. Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi, cilor sudah bisa dibuat siapapun bahkan dirumahnya sendiri juga bisa. Bagaimana apakah sobat semuanya termasuk dari mereka itu? jangan kuatir andaikata kalian bukan diantaranya, karena kalian juga bisa jadi macam mereka. Untuk menwujudkannya silahkan kalian buat saja cilor ini dengan menggunakan resep cilor empuk dan juga cara membuatnya yang sangatlah mudah dan bisa dipraktekkan sendiri dirumah.

Bahan-bahan

600 gram tepung tapioka
600 gram tepung terigu
800 ml air bersih
12 buah bawang merah
8 buah bawang putih
4 buah bawang daun
bumbu penyedap (royco)
garam, merica
kecap
saus sambal, saus tomat
minyak
2 butir telur

Cara membuat cilor empuk dan enak yakni
Haluskan bawang merah dan bawang putih yang sudah dipersiapkan lalu kalian didihkan saja bersama air sampai benar benar mendidih. Tuangkanlah tepung tapioka dan juga tepung terigu, iris daun bawang diwadah lain yang sudah dipersiapkan lalu tuang air rebusan tadi sedikit demi sedikit saja lalu aduk ke adonan sampai kalis, jika dirasa belum kalis tambahkan lagi tepung terigu. Jika adonan tersebut sudah kalis maka pilin2 saja berbentuk panjang dan adonan tersebut dikukus sampai matang. Setelah matang dengan cara dikukus lalu adonan tiriskan saja. Setelah adonan tadi dingin maka potong saja kecil kecil dan panaskan penggorengan dengan minyak banyak. Gorenglah tapi sebentar saja. Setelah digoreng kalian kocok telur dan masukkan adonan yang sudah digoreng tadi kedalam kocokan telur ayam dan goreng kembali saja hingga matang. Sajikan dengan kecap manis, saus sambal, saus kacang, bumbu keju ataupun yang lain tergantung selera.

Comments

Private comment